MINECRAFTER VOL. 5 - Bab 17: Arti Fiksi dan Intelejen

 

Bab 17: Arti Fiksi dan Intelejen

 

“Sebelumnya aku ingin mempresentasikan. Kalian boleh memanggilku Nia. Well, over all. You guys in here, I proud for you all.”

(apa yang dia katakan? Dia proud?)

“mungkin kalian belum bisa memahami betul apa yang aku ucapkan di sini. Karena kalian dibuat dengan dasar bahasa Indonesia. Maka satu-satunya cara agar aku bisa berkomunikasi dengan kalian semua. Adalah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.”

“aku rasa bahasa Indonesiaku masih belum baku dan bercampur dengan kata-kata serapan yang mungkin belum kalian pahami. Tapi ah sudahlah, yang terpenting semenjak kalian dijalankan. Eksekusi. Memori kalian akan aktif, dan selalu aktif.”

“aktif apa? aktif merekam, apapun yang terjadi. Jadi kemungkinan sesuatu yang kalian dapatkan saat ini mungkin belum bisa kalian pahami. Tapi di kemudian hari, setelah kalian mendapatkan banyak informasi, pengetahuan, maka kalian dapat memahami itu.”

“karena ini adalah percobaan. Aku menerapkan sistem kecerdasan buatan ini pada suatu game. Sekarang mungkin kalian belum memahami apa itu, tapi beberapa saat nanti. Kalian akan mendapatkan beberapa informasi, materi yang harus kalian resapi. Itu adalah tugas kalian masing-masing. Jalani itu dengan baik dan seksama.”

“semua memiliki tugas yang berbeda-beda. Untuk saat ini, mungkin kalian hanya dapat melihat aku seorang diri. Seolah-olah aku berkomunikasi, tidak maksudku berinteraksi empat mata. Namun sebenarnya saat ini aku sedang berpidato dengan audien berkisar ribuan, tidak maksudku ratusan ribu.”

(empat mata? Audien?)

 

“apapun yang terjadi, mungkin kalian akan merasa. Apakah ini baik atau apakah ini buruk? Semua tergantung pada main logika kalian masing-masing. Aku sengaja menerapkan ini, membuat kalian terlihat berbeda, spesial dibanding subjek lainnya.”

“yakni, main logic yang tetap jalan. Di mana bisa membedakan antara benar atau yang salah.”

“terkadang bila dipandang dari sudut A misalnya, pasti mengira tindakan B adalah sesuatu yang salah karena tidak sesuai. Tapi berbeda bila sudut pandang lain yang mempunyai pemikiran yang lain.”

 

“manusia bisa berubah menjadi lebih baik atau mungkin lebih buruk. Tergantung pada hati.”

“kalian, mungkin berbeda hakikatnya dengan manusia. Orang. Tapi kalian mempunyai main logic yang berjalan. Jadi sesuaikan main logic tersebut dengan keadaan dan latar belakang kalian.”

“semua mungkin terlihat sama. Sekilas. Tapi bila diriset lebih dalam, mungkin berbeda.”

 

(“main frame dapat berubah sewaktu-waktu. Bergantung main logic yang dapat menganalisa kejadian atau situasi yang berlangsung.”)

 

[100%] Artes, Lv. 30

> [100%] Iruma, Ore Seeker Lv. 52 *Raden

> [100%] Yukina, Warrior Lv. 56

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.